Senin, 14 Juli 2014

Cara Mengecek - Menghapus Virus Melalui CMD

Cara mudah menghapus virus melalui cmd. Sebagai langkah awal untuk mendeteksi, mengecek keberadaan virus pada komputer anda, lakukan cara mudah Mengecek dan Menghapus Virus Melalui CMD berikut ini. bagi yang familiar dengan sistem, keberadaan virus bisa kita telusuri dengan melihat jenis file sistem yang muncul di cmd.

Cara menghapus Virus melalui CMD silakan ikuti langkah ini. Jika anda tidak memiliki anti virus dj PC dan ingin mengecek atau menghapus virus yang mungkin bercokol di PC anda, coba dulu cara ini, untuk mengecek dan menghapus virus melalui cmd di komputer. Ada dua cara yang bisa kita jalankan silakan dicoba.

Cara I menghapus Virus melalui CMD:
- Buka RUN (tekan windows + R) lalu dikotak ketikkan cmd
- Ketik cd\  tekan enter
- Ketik  C:  kemudian tekan enter (jika drive C yang akan dicek)
- Ketik  attrib  tekan enter
   
Sekarang anda cek dan amati model file-file sistem yang muncul. Jika anda yakin, bahwa muncul nama file yang mencurigakan atau paham versi virus yang sering mengganggu silakan di delete. Keanehan dari jenis/ekstensi file, tanggal terinstal dan sebagainya bisa menjadi cara untuk menganalisa. Untuk menghapus Virus dengan mengetikkan DEL pada lokasi virus terdeteksi, misalkan DEL C:\deden.exe kemudian enter.

Cara II
- Pada command prompt ketikkan Netstat  -ano (pakai spasi), enter

- Anda lihat pada kolom State, jika tertulis  Listening  maka bisa diasumsikan kondisi masih aman,  tidak berpotensi membawa virus pada komputer. Apabila pada State tertulis Estabilished kondisi ini beresiko membawa virus pada komputer. Untuk menghentikannya telusuri dengan memeriksa Task Manager.


- Buka Task Manager (tekan Ctrl+ALT+Del) lalu klik tab Service .

- Cocokkan kode PID di Command prompt yang bermasalah (Estabilished) dengan kode PID pada Task Manager, kemudian hentikan (stop) program tersebut.

Cara menghapus virus shortcut via cmd:
ketikkan lokasi drive yang akan di cek, Kita ambil contoh disini yang ingin di cek adalah drive G maka saya ketikkan G: kemudian tekan enter.

Ketik dir  lalu enter.

Maka sekarang anda sudah masuk di lokasi G dan di situ terdapat file dan folder yang berada di direktori/partisi G tersebut.

Silakan cek data yang muncul, jika disitu terdapat virus, biasanya ada file bernama autorun.inf yaitu virus berekstensi .exe, atau ink(Virus copy shorcut), di situ juga ada folder recycler virus.

Supaya kita dapat menghapus virus tersebut, maka sebelumnya anda harus merubah attribut hidden menjadi unhidden. Caranya adalah ketikkan attrib –r –s –h /s /d maka file-file dan folder, subfolder yang tersembunyi akan dimunculkan.

Nah untuk menghapus virus tadi silakan jalankan perintah berikut.  misalkan akan menghapus autorun maka ketikkan perintah del autorun.inf lalu enter dan atau untuk file exe, ketikkan del nama virus.exe tekan enter.

Itulah cara yang paling sederhana untuk Mengecek dan Menghapus Virus Melalui CMD dengan mudah. Tentunya anda harus yakin dengan analisanya sebelum delete. Terima kasih selamat bekerja.


TIPS SEPUTAR FLASH HP
Cara-flash-nokia-e63-rm-437-tanpa-box
Cara-flashing-samsung-galaxy-gio-gt-S5660
Upgrade-samsung-galaxy-y-gt-s5360-ke JELLY BEAN
Download-ota-custom-rom-jellybean-411
Cara-instal-jelly-blastv3
Cara-menghapus-aplikasi-bawaan-dengan mudah
Cara-membuat-backup-rom-android-via-spflashtool
Cara-flash-advan-vandroid-s4-via USB
Cara-flashupgrade-oppo-joy-r1001-tanpa PC
Cara-backup-stock-rom-android-pakai-mtkDroid tool
Cara-menambah-bahasa-indonesia di hp anda
Cara-hard-reset atasi-lupa-kunci-pola
Download-dan-instal-cwm-recovery-untuk Evercross A7T
Cara-mencari dan instal-cwm-recovery-semua merk
Cara-flashing-via-cwm-samsung-galaxy Young GT-S5360
Cara-membuat-sendiri-cddvd-instaler windows pakai NERO
Cara-mudah-root-samsung-galaxy-young GT-S5360 tanpa PC
Cara-install-cwm-backup-rom-samsung Galaxy Young S5360
Coftware-cara-flashing-oppo-neo-3-r831k
Cara-alat-flashing-tablet-axioo-picopad 7 GGG
Cara-mount-file-iso-atau-install software format ISO
Cara-atasi-error-code-0x80070437 firewall win7
Cara-flash-oppo-joy-r1001-berhasil
Cara-membuka-kuncihard-reset-evercoss a5k
Cara-menggunakan-android-sebagai-modem

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Akan dicoba dulu gan…

bagi agan yang berminat belajar komputer administrasi bisnis bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/komputer-aplikasi-bisnis-dan-administrasi-perkantoran.html

Unknown mengatakan...

Gan, Kenapa setiap saya mempunyai antivirus. Anti Virus saya selalu terdeteksi established? saya sudah coba beberapa anti virus seperti avast, avira, avg, kaspersky, dll. tetep terdeteksi established. mohon bantuannya..

solder uap mengatakan...

keren banget min! cmd tuh bisa buat apa aja ya ternyata
solder uap