Friday, February 24, 2017

Touchscreen handphone gerak sendiri penyebab & solusi

Handphone touchscreen bergerak sendiri, apa penyebabnya? Ada beberapa kondisi ataupun penyebab mengapa handphone touchscreen-nya bergerak sendiri. Bisa terjadi karena ada kerusakan software ataupun kerusakan pada hardware.nya. Nah, untuk ini kita perlu mengecek terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk dibawa ke tukang service. Anda bisa lakukan sendiri cara awal mengatasi Handphone touchscreen bergerak sendiri yakni dengan beberapa tips yang saya tulis di artikel ini. Silakan ikuti info selengkapnya cara mengatasi Handphone touchscreen bergerak sendiri berikut ini.

Touchscreen bergerak sendiri pada Handphone karena gangguan software. Untuk memastikan apakah masalah muncul akibat kerusakan software, maka anda bisa lakukan cara berikut. Pertama, coba anda cek charger anda, apakah masih normal atau tidak. Ada beberapa kasus saat kita sedang mencharger ponsel tiba-tiba layarnya bergerak sendiri tanpa disentuh, mengapa demikian? Ini terjadi karena charger tersebut tidak bagus atau tidak cocok dengan ponsel kita. Jika kondisi ini dilakukan terus menerus, maka lama kelamaan akan merembet/merusak ponsel baik itu softwarenya ataupun hardwarenya. Jadi saran saya jangan gunakan lagi chager bermasalah tersebut dang anti dengan charger yang bagus.

Saya pernah mengalami Touchscreen bergerak sendiri pada ponsel merk Samsung. Awalnya touchscreen bergerak sendiri hanya pada saat di cas saja, tetapi setelah beberapa kali saya lakukan, ternyata saat dicabut chargernya layar masih gerak sendiri/seperti mengetik sendiri. Wal hasil ponsel saya telah rusak.

Langkah analisa mengatasi touchscreen bergerak sendiri:

Coba anda install aplikasi Nook Screen Calibrated cari di google play. Aplikasi ini berfungsi untuk mengatasi layar yang eror. Jika cara ini gagal kita coba menggunakan cara berikutnya.
Lakukan hard/factory reset. Untuk cara masuk ke factory reset baca disini atau bisa baca di google, karena beda merk bisa beda cara. Jika belum berhasil coba lagi cara berikutnya.

Cara berikutnya lakukan flashing ulang, bisa dilakukan sendiri, karena banyak sekali tutorialnya di google, baik pakai PC ataupun tidak pakai PC.

Jika semua cara diatas tetap saja tidak bisa mengatasi touchscreen ponsel bergerak sendiri, maka bisa disimpulkan bahwa kerusakan terdapat pada hardwarenya.

Masalah yang sering terjadi adalah ada kerusakan pada diantara dua komponen yaitu LCD dan touchscreenya. Bisa kita coba dulu ganti touchscreennya jika belum berhasil ganti juga LCDnya, cek juga kondisi kabel, siapa tahu bermasalah.

Artikel terkait
Custom ROM Samsung Galaxy Grand Duos i9082
Cara Root Oppo F1 Plus X9009 tanpa PC
Custom ROM + Merubah Andromax C JB Menjadi Dual GSM
Cara mengatasi kamera HP gagal rekam/Failed semua merk

Sekian info dari saya cara mengatasi Touchscreen bergerak sendiri pada Handphone, semoga bermanfaat.

TIPS SEPUTAR FLASH HP
Cara-flash-nokia-e63-rm-437-tanpa-box
Cara-flashing-samsung-galaxy-gio-gt-S5660
Upgrade-samsung-galaxy-y-gt-s5360-ke JELLY BEAN
Download-ota-custom-rom-jellybean-411
Cara-instal-jelly-blastv3
Cara-menghapus-aplikasi-bawaan-dengan mudah
Cara-membuat-backup-rom-android-via-spflashtool
Cara-flash-advan-vandroid-s4-via USB
Cara-flashupgrade-oppo-joy-r1001-tanpa PC
Cara-backup-stock-rom-android-pakai-mtkDroid tool
Cara-menambah-bahasa-indonesia di hp anda
Cara-hard-reset atasi-lupa-kunci-pola
Download-dan-instal-cwm-recovery-untuk Evercross A7T
Cara-mencari dan instal-cwm-recovery-semua merk
Cara-flashing-via-cwm-samsung-galaxy Young GT-S5360
Cara-membuat-sendiri-cddvd-instaler windows pakai NERO
Cara-mudah-root-samsung-galaxy-young GT-S5360 tanpa PC
Cara-install-cwm-backup-rom-samsung Galaxy Young S5360
Coftware-cara-flashing-oppo-neo-3-r831k
Cara-alat-flashing-tablet-axioo-picopad 7 GGG
Cara-mount-file-iso-atau-install software format ISO
Cara-atasi-error-code-0x80070437 firewall win7
Cara-flash-oppo-joy-r1001-berhasil
Cara-membuka-kuncihard-reset-evercoss a5k
Cara-menggunakan-android-sebagai-modem

No comments: