Saturday, April 5, 2014

Cara Menginstal Dua OS Windows di Komputer

Kita simak, cara menginstal dua OS Windows di Komputer atau laptop. Untuk beberapa keperluan, mungkin kita butuh dua Operating System terinstal pada PC atau laptop anda. Misal anda ingin menggunakan windows 7 dan win 8 atau yang lainnya. Apa yang harus kita ketahui tentang cara menginstal dua OS Windows di Komputer, berikut ini ulasannya.


Berikut hal yang perlu kita pahami:

~ Kita harus menggunakan PC/laptop dengan spesifikasi komputer yang memenuhi syarat installsi windows untuk versi terbaru dan  bisa install 2 OS.

~ Membagi Harddisk menjadi beberapa partisi. Biasanya OS yang utama sudah terinstal di drive c: maka anda bisa menggunakan drive d: untuk instalasi OS ke 2. Kita atur volume kedua drive harus sesuai dengan ketentuan space minimum harddisk untuk installasi (space harddisk haruslah diatas 1 gb).

~ Jenis file sistem harus sama untuk ke-2 drive anda. Instalasi windows harus di drive yang berbeda (misal jika yang satu di \C , maka yang satu di \D )

~ Secara umum, jika kita menginstal 2 windows, biasanya OS pertama sebaiknya windows versi lebih lama dari OS kedua, yang akan kita pasang.

~ Lihat disini untuk gambar-langkah-cara-install windows.  Jika anda ingin langsung menginstal 2 OS (yang pertama dan kedua) berikut cara menginstal Windows 1 terlebih dahulu, yakni ( pada Drive C: )


Menginstal Windows 1 ( pada Drive C: )

1. Masukkan CD OS windows anda di CD Room

2. Masuk ke Bios Setup, dengan tekan tombol delete saat PC mulai nyala/restart.

3. Atur setting first bootnya menggunakan CD Room, lalu simpan setting.

4.  Exit dan restart komputer , selanjutya PC akan booting dengan media drive CD master windows  anda, dan jika tampil pesan “press any key booting from cd…), tekan sembarang tombol pada keyboard.

5. Pilih drive installasi windows di drive \C:

6. Selanjutnya, silakan ikuti proses installasi hingga selesai seperti prosedur Windows anda.

7. Pastikan instalasi windows 1 selesai dan siap menuju langkah berikutnya.


Menginstal Windows ke 2  ( Pada Drive D: )

1. Masukkan CD master OS Windows .

2. Lalu masuk ke Bios Setup (seperti langkah diatas)

3. Atur setting first boot ke CD ROM.

4. Kemudian simpan setting bios anda , lalu exit dan restart .

5. Tunggu hingga PC booting menggunakan media drive CD master, dan tekan sembarang tombol pada keyboard, jika tampil pesan “press any key booting from CD…

6. Pilih drive installasi windows di drive \D:

7. Silakan ikuti proses instalasi hingga selesai dan sukses di install.

Nah, setelah 2 OS windows berhasil diinstall, maka akan muncul 2 pilihan windows versi mana yang akan anda gunakan/pakai atau kita jalankan (welcome screen). Pilihan akan muncul pada saat PC booting  (dinyalakan). Itulah berbagi info kali ini, semoga cukup jelas dan sukses untuk anda.

Video cara instal 2 OS windows.